Paragraf Deduktif, Induktif dan Deduktif-induktif


Dalam Posting kali ini saya akan membahas dan memberikan beberapa contoh mengenai kalimat deduktif, induktif dan deduktif-induktif.

nb: kalimat yang saya tebalkan (bold) pada contoh merupakan jawabannya

Paragraf deduktif

Paragraf dengan kalimat utama di awal, kemudian diikuti oleh kalimat penjelas.

Contoh :

Beberapa tips dalam memilih motherboard sebelum membelinya. Jangan pernah mudah percaya kepada para penjual motherboard yang hanya menawarkan 1 produk saja. Artinya bila si penjual hanya menawarkan satu produk dan produk lainnya diabaikan kemungkinan besar motherboard yang ia tawarkan kondisinya tidak bagus. Pilih motherboard yang sudah memakai “full solid capasitor”, karena sudah terbukti durabilitynya lebih bagus daripada yang belum menggunakannya. Carilah merk motherboard yang menawarkan garansi yang panjang dan pelayanan after sales yang memuaskan. Bila anda punya permasalahan dengan uang, pilih motherboard dengan fitur-fitur yang sesuai dengan keuangan anda saat itu.

Paragraf induktif

Kalimat utama terletak di akhir paragraf setelah kalimat-kalimat penjelas.

Contoh :

Jangan pernah mudah percaya kepada para penjual motherboard yang hanya menawarkan 1 produk saja. Artinya bila si penjual hanya menawarkan satu produk dan produk lainnya diabaikan kemungkinan besar motherboard yang ia tawarkan kondisinya tidak bagus. Pilih motherboard yang sudah memakai “full solid capasitor”, karena sudah terbukti durabilitynya lebih bagus daripada yang belum menggunakannya. Carilah merk motherboard yang menawarkan garansi yang panjang dan pelayanan after sales yang memuaskan. Bila anda punya permasalahan dengan uang, pilih motherboard dengan fitur-fitur yang sesuai dengan keuangan anda saat itu. Itulah beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda sebelum membeli sebuah motherboard.

Paragraf Deduktif-Induktif

Kalimat Utamanya terdapat pada awal paragraph, dan di akhir paragraf.

Contoh :

Beberapa tips dalam memilih motherboard sebelum membelinya. Jangan pernah mudah percaya kepada para penjual motherboard yang hanya menawarkan 1 produk saja. Artinya bila si penjual hanya menawarkan satu produk dan produk lainnya diabaikan kemungkinan besar motherboard yang ia tawarkan kondisinya tidak bagus. Pilih motherboard yang sudah memakai “full solid capasitor”, karena sudah terbukti durabilitynya lebih bagus daripada yang belum menggunakannya. Carilah merk motherboard yang menawarkan garansi yang panjang dan pelayanan after sales yang memuaskan. Bila anda punya permasalahan dengan uang, pilih motherboard dengan fitur-fitur yang sesuai dengan keuangan anda saat itu. Itulah tips-tips yang mungkin bisa membantu anda sebelum membeli sebuah motherboard.

About these ads

About threevia
cuma orang biasa yang ingin menjadi luar biasa...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: