Hardisk eksternal unreadable..!!!


Hmmmm,,,, gimana klo tiba-tiba salah satu partisi hardisk eksternal yang anda biasa gunakan untuk menyimpan berbagai file yang penting menjadi corrupt dan tidak bisa terbaca di computer alias “The file or directory is corrupted and unreadable” ??,, pasti anda akan sangat kesal sekali😡

Tapi anda jangan panik dulu,,, biasanya masalah disebabkan oleh  power supply yang tidak memadai dan merusak kontroller harddisk dan motor,  harddisk terjatuh dan merusak mekanik didalamnya atau minimal terjadi bad sector, terlalu sering dibawa bawa tanpa pengaman membuat platter harddisk rusak karena goncangan berlebih, suhu didalam harddisk yang panas membuat kondisi harddisk dalam lingkungan tidak stabil, kebiasaan anda mencabut hardisk tanpa melalui proses usb safety remove hardware (asal cabut )…  solusi pertama untuk mengatasi masalah ini adalah,,,, masuk ke command promt atau klik tombol start > Run > cmd  kemudian setelah anda masuk pada jendela command promt ketik “chkdsk drive: /F”  enter atau anda juga bisa menggunakan “chkdsk drive: /R” enter …. ganti tulisan drive: menjadi lokasi dimana partisi anda bermasalah, missal chkdsk G: /F lalu tekan enter..

SELAMAT MENCOBA

NB:

Saya mencobanya di windows xp sp2 (ga tau dah bisa atau tidak klo dicoba di XP sp1,sp3 vista atau 7).

Bila masalah belom terselesaikan coba anda gunakan software hardisk generator atau Norton partition magic,,, bila dirasa masalah juga belum terselesaikan coba and tanyakan ke tempat dimana anda membeli hardisk tersebut, mungkin saja kerusakan sudah parah atau terdapat cacat produksi,,,  😀

About threevia
cuma orang biasa yang ingin menjadi luar biasa...

21 Responses to Hardisk eksternal unreadable..!!!

  1. yankeez says:

    thanx bos, tadinya hdd eksternal sy “The file or directory is corrupted and unreadable”
    sekarang udah beres dan bisa dibuka lagi

    bener2 posting yg sangat berguna bagi saya

  2. hadit says:

    misi gan..
    hardisk eks ane ga ke baca di laptop win xp atau komputer win7.
    ane dah pake cara agan ko juga ga bisa ya?
    apa ada yg salah?
    tolong bantuannya..

    • threevia says:

      sudah di cek lewat bios? kedetek? klo ga,, coba agan bongkar hdd nya (klo udah ga garansi), coba ganti converter hdd nya (klo ga mau repot jadiin hdd eksternal agan menjadi hdd internal di PC)..
      klo emang cara tsb masih ga bisa.. coba agan dengerin hardisknya.. apa masih ada gerakan berputar terus menerus atau tidak… klo tidak berarti ada kemungkinan sudah rusak (100%)..

      semoga membantu..

  3. alhamdulillah.. makasih om. data saya yang hampir hilang kini ada kembali. semoga Allah membalasnya dengan berjuta keberkahan atas kebaikan ilmu anda. amin

  4. rifki1pra says:

    thx bro anda penyelamat berkat ilmu anda skripsi dan film sya download selamat sekali lagi terima kasih

  5. Rian says:

    Makasih banyak buat infonya,, saya udah panik karena data kuliah ama kerjaan ilang d hardisk eksternal😦 tapi ilmu yang anda berikan sudah menyelamatkan data data saya thank you..

  6. Dion Ajie says:

    Wah, terima kasih banyak. tadinya mau di format terus direcovery. Karena terdampar disini, gak sampai 5 menit masalah terselesaikan. Film film saya selamat :))

  7. ferrycena says:

    prosesnya emang lama ya om?

  8. luthfi says:

    kalok punyakku hardisk internal.tk gitukan ttp gk bisa bro.malah printahnya suruh format

  9. masih says:

    punyaku koq tdk bisa tetap aja waktu saya colok tdk bisa tetap ada tulisan Removable gmn cara mengatasinya dan supaya data”ku gak ilang….
    tolongin dong

  10. elan says:

    makasih banget gan, hdd gua yg 500gb lgsung kembali normal, kalo lu ada disini gua peluk dah elu, hahaa

  11. dedi wahyudi says:

    maksih banyak bro, data gua selamat semua, data perusahaan peting semua, mudah2han yg posting ini masuk surga aamiin

  12. Dian says:

    Aku udh ngjalanin sesuai perintah
    Tp koq prosesnya lama smpe makan 10 jam
    Apa tergantung banyknya data ya?

  13. fany says:

    saya sudah coba ketik chkdsk driver:/f kok gak bisa ya ?

  14. fany says:

    ada tulisan seperti ini , lalu bagaimana ?

    The type of the file system is NTFS.
    Unable to determine volume version and state. CHKDSK aborted

  15. ane ga bisa pake command ini jadi pake HDD regenarator thanks min walaupun ga bantu secara langsung, jadi dpt wangsit buat download HDD regenarator

Leave a Reply

