Arti Pentingnya Organisasi


Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang Arti pentingnya Organisasi. Sebelum kita membahas tentang arti pentingnya suatu organisasi, ada baiknya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu organisasi.

Dibawah ini adalah pengertian organisasi dari para ahli :

1)  Menurut Stoner, Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

2)  Menurut James D. Mooney, Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3)  Menurut Chester I. Bernard, Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Sebenarnya masih banyak lagi pengertian organisasi dari para ahli, karena pengertian organisasinya secara keseluruhan hampir sama, maka hanya 3 yang saya cantumkan diatas. Kalau menurut saya sendiri organisasi itu adalah lembaga sosial yang terdiri dari sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan untuk mencapai tujuan tertentu

Setelah mengetahui apa itu organisasi, sekarang kita membahas ciri-ciri organisasi dan unsur-unsur yang terdapat di dalam organisasi.

Ciri – ciri  dalam organisasi adalah sebagai berikut:

  • Adanya komponen / atasan dan bawahan .
  • Adanya kerja sama.
  • Adanya tujuan.
  • Adanya sasaran.
  • Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
  • Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.

Seperti itulah kurang lebihnya ciri-ciri  organisasi, Jika kalian ingin membentuk suatu organisasi perhatikan ciri-ciri tersebut agar organisasi yang kalian buat nanti akan berjalan dengan baik dan sesuai apa yang menjadi tujuan organisasi kalian.

Tidak hanya ciri-ciri yang harus diperhatikan, kita juga harus memperhatikan atau mengetahui unsur-unsur yang terdapat pada organisasi. Berikut ini adalah unsur-unsur yang terdapat pada organisasi pada dasarnya.

Pada dasarnya organisasi-organisasi selalu memiliki unsur-unsur :

  • Personil atau anggota yang menggabungkan diri kedalam ikatan formal.
  • Visi, yaitu pandangan atau citra para anggota mengenai keadaan organisasinya di masa depan dan tujuan, yaiut apa yang mau dicapainya yang sesuai dengan visinya tadi.
  • Misi organisasi, atau tugas besar yang harus diemban oleh organisasi dan tugas atau fungsi yang dibagikan kepada anggota untuk dilaksanakan.
  • Wewenang, yang merupakan legitimasi hak bertindak tiap orang dalam melaksanakan tugas.
  • Struktur, yang menunjukkan kedudukan tiap orang didalam kelompoknya.
  • Hubungan-hubungan, yang menjadi dasar kerjasama antar anggota.
  • Formalitas, yaitu aturan tretulis yang mengatur semua unsur agar menjadi resmi, sehingga organisasi menjadi formal.
  • Sumber energi, yang mendukung gerak kelompok atau organisasi, sehingga organisasi selalu dinamis. Tak ada organisasi yang statis, kecuali bagan strukturnya yang ditempel didinding kantor.
  • Proses kegiatan organisasi yang dilakukan oleh semua orang untuk mencapai tujuan (administrasi). Di dalam administrasi inilah adanya proses khusus yang disebut manajemen.

Antar unsur-unsur ini ada saling kaitan dan saling berinteraksi, dalam arti saling mempengaruhi dan saling bergantung sehingga juga saling menentukan agar secara keseluruhan organisasi berfungsi mencapai tujuannya secara efisien.

Kesimpulannya adalah betapa pentingnya organisasi bagi kehidupan kita, karena hampir setiap aspek kehidupan kita tidak lepas dari apa yang dinamakan organisasi. Organisasi dibentuk agar kita dapat menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan dengan cara bekerjasama antara satu sama lain di dalam suatu organisasi.

About threevia
cuma orang biasa yang ingin menjadi luar biasa...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: