Penerapan Gagasan Pokok


Disini saya mencoba mengembangkan beberapa gagasan pokok atau kalimat utama menjadi alinea-alinea. Disini ada 5 gagasan pokok yang akan saya coba kembangkan, diantaranya:

  1. Sastra daerah sangat erat hubungannnya dengan sastra nasional.
  2. Adanya sesama manusia dan prinsip kemanusiaan, membuat kita melihat aspek fundamental lain, bahwa menusia ini makhluk sosial.
  3. Sebagai manusia kita perlu belajar dari pengalaman” orang lain.
  4. Cinta kasih yang sejati meminta korban.
  5. Tambahan penduduk yang melebihi tambahan produksi dapat menyebabkan tingkat kemakmuran menjadi berkurang.

Dibawah ini merupakan contoh pengembangannya.

1. Sastra daerah sangat erat hubungannya dengan sastra nasional. Keduanya tak bisa dipisahkan dan merupakan bagian dari sejarah. Sastra daerah yang kental dengan logat bahasa daerah dan sastra nasional yang merupakan perpaduan dari berbagai sastra yang ada. keanekaragaman budaya menjadi salah satu alasan dari keselarasan kedua sastra tersebut.

2. Adanya sesama manusia dan prinsip kemanusiaan, membuat kita melihat aspek fundamental lain, bahwa menusia ini makhluk sosial. Sebagai manusia kita tidak bisa terlepas dari kehidupan sosial karena kita hidup tidak sendiri di dunia ini. Kita membutuhkan orang lain untuk berinteraksi, saling membantu dan menghormati kita satu sama lain. Seberapa kuat kita mencoba untuk hidup secara individualisme pada akhirnya itu hanya akan menyiksa diri sendiri, karena pada suatu saat pasti kita akan membutuhkan pertolongan orang lain.

3. Sebagai manusia kita perlu belajar dari pengalaman orang lain. Karena dengan begitu kita bisa menjadi pribadi yang lebih cerdas dalam mengahadapi masalah. Memang pengalaman yang kita rasakan sendiri jauh lebih baik dari apa yang kita lihat pada orang lain. Tapi tidak ada salahnya kita mempelajari apa yang orang lain alami sebagai motivasi bagi diri kita untuk melangkah lebih maju.

4. Cinta kasih yang sejati meminta korban, Banyak hal yang dapat dikorbankan dalam mencinta. Mengorbankan ego, emosi, ketidaksabaran, keinginan bermalasan, dan banyak hal lainnya. Pada awalnya sakit memang, tetapi pengorbanan itu layak dan pantas dilakukan untuk mencapai kondisi ideal bersama. Namun sebagai mana dua orang yang berjalan dalam gelap yang ingin menemukan suatu cahaya terang, pada akhirnya kebahagiaan lah yang menanti mereka.

5. Pada saat seperti sekarang ini memang harga-harga kebutuhan pokok semakin meningkat seiring dengan meningkatnya populasi sebuah negara khususnya pada negara berkembang. Tetapi, lapangan pekerjaan yang tersedia dan penghasilan yang di dapat tidak mencukupi untuk itu. Misalnya saja dalam sebuah keluarga paling tidak ada lebih dari 3 orang anak yang harus di beri makan dan diberi pendidikan. Bayangkan saja berapa kebutuhan yang harus dicukupi oleh seorang ayah untuk anaknya? belum lagi istrinya. Bila hal ini dibiarkan, maka tambahan penduduk yang melebihi tambahan produksi dapat menyebabkan tingkat kemakmuran menjadi berkurang.

About threevia
cuma orang biasa yang ingin menjadi luar biasa...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: