Manfaat Alpukat


Hmmm,, klo kita ingat alpukat pasti yang pertama kali keluar di benak kita yaitu di jus, trus biar lebih enak di kasi susu deh, wew mantap dah. Haha..😀

Sebenernya kali ini saya mencoba memaparkan “apa sih manfaat dari alpukat itu sendiri?”. Kebeneran ini buah emang gw paling suka. Selain itu alpukat ini sendiri identik dengan buah yang memiliki banyak lemak. Meski begitu, para ahli nutrisi mengatakan bahwa dengan menambahkan sedikit alpukat ke dalam diet sehari-hari, akan memberikan kita lebih banyak keuntungan di banding kerugian.

Berikut adalah ulasan kandungan alpukat: 1. Kalori Satu buah alpukat yang berukuran sedang memiliki daging buah sekitar 150 gr.  Setiap porsi alpukat (sekitar 30 gr) mengandung 50 kalori. Sedang satu buah utuh alpukat mengandung sekitar 250 kalori. 2. Lemak Sebagian besar kalori dalam buah alpukat berasal dari lemak. Per porsi alpukat mengandung 4,5 gr lemak, sehingga kalori dari lemak sekitar 35, dari total kalori 50. Kabar baiknya, sebagian besar lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) yaitu sekitar 3 gr, dan setiap porsi penyajian hanya mengandung 0,5 gr lemak jenuh (saturated fat). Hal ini membuat alpukat sebagai salah satu makanan sumber lemak yang sehat. Jadi, hilangkan kekhawatiran akan lemak jahat yang terkandung dalam buah alpukat. 3. Vitamin dan Mineral Alpukat mengandung hampir 20 vitamin dan mineral yang berbeda, meskipun dalam jumlah kecil, dan dapat menyediakan sekitar 10 % kebutuhan vitamin dan mineral harian dalam setiap porsinya. Beberapa vitamin dan mineral yang paling banyak terkandung dalam buah alpukat adalah vitamin C, vitamin K, folat, kalium, zat besi, vitamin E, dan vitamin B6. 4. Lutein Salah satu kandungan nutrisi yang paling penting dari alpukat adalah lutein, suatu carotenoid, phytonutrient dan antioksidan alami. Satu porsi alpukat mengandung 81 mcg lutein yang dapat membantu kesehatan mata. Mengonsumsi lutein dapat mengurangi risiko degenerasi makula mata karena usia. 5. Kandungan Lain Natrium (Sodium) dan kolesterol yang terkandung dalam alpukat dapat diabaikan karena satu porsi alpukat hanya mengandung 1 gr protein. Selain itu, alpukat mengandung 3 gr karbohidrat dalam setiap porsinya dan 1 gramnya adalah serat makanan (dietary fiber). Oleh karena itu, alpukat menjadi pilihan yang baik bagi orang-orang yang diet rendah karbohidrat. Seperti yang kita lihat, ada banyak manfaat buah alpukat, masih khawatir terhadap kandungan lemak-nya? Berikut ini beberapa manfaat alpukat yang sudah di akui oleh para pakar kesehatan:

  1. Melindungi tubuh dari penyakit yang berhubungan dengan kolesterol, tekanan darah dan jantung.
  2. Di gunakan dalam pencegahan dan pengobatan kanker prostat dan kanker payudata. Para peneliti telah membuktikan bahwa racun yang terdapat di dalam alpukat mampu membunuh sel penyebab kanker. Di sebut racun karena memberi dampak yang besar terhadap jaringan dan otot jantung.
  3. Banyak mengandung mineral, misalnya potassium, calcium, vitamin C dan K, folic acid, copper, sodium dan serat untuk diet. Menurut para ahli, mereka yang hidup di lingkungan tropis memiliki keuntungan karena mudah mendapatkan mineral tapi mudah kehilangan cairan. Jadi, alpukat sangat di ajurkan sebagai pengobatan.
  4. Oleic acid yang terdapat di dalam alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  5. Potassium di dalam alpukat bermanfaat menurunkan tekanan darah.
  6. Sodium berfungsi untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan stroke.
  7. Meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap carotenoid.
  8. Di gunakan untuk membantu mereka yang punya masalah sexual.
  9. Sangat baik jika di gunakan sebagai antioxidant.
  10. Dapat di gunakan untuk mengobati penyakit kulit.
  11. Di gunakan untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan pencernaan dan peredaran darah.

Jadi jangan lupa, sepotong alpukat setiap hari memberikan kita hidup sehat. sumber: http://oketips.com/1784/tips-sehat-manfaat-dan-kandungan-nutrisi-dalam-alpukat/

About threevia
cuma orang biasa yang ingin menjadi luar biasa...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: