Tips Merakit komputer sesuai keinginan dan budget anda


Kendala ini pernah saya temukan ketika saya hendak merakit komputer pertama saya. Pusingnya bukan main, maunya ini tapi begini lah begitulah… aduh…
Oleh karena itu disini saya mencoba berbagi tips yang barang kali berguna bagi anda.

  • Budget Maksimal untuk kebutuhan PC anda

Pertanyaan sederhana yg nantinya berdampak langsung pd performa PC anda; “Apakah Alokasi Dana tadi sudah tidak dapat ditambah lagi?”, jika jawaban anda “Iya, sudah tidak dapat ditambah lagi”, berarti anda sudah memenuhi 1 faktor yg menyebabkan pembelian PC anda itu TEPAT, alias TIDAK SALAH. (karena anggaran sudah maksimal, bukan hanya kira-kira “sekian” atau kalo bisa sih lebih murah (kalimat yg kurang efektif, karena akhirnya pun tidak dijadikan pertimbangan bagi assembler (perakit)). Meski pada akhirnya harga bisa lebih / kurang dari anggaran yang anda sebutkan.

  • Kenali Kebutuhan PC anda.

Setiap orang itu “UNIK”, selalu memiliki minat, bakat, kemampuan, kebutuhan & keinginan yg kombinasinya jika dipaparkan 1 per1 tidak akan pernah ada duanya.
Dari itu sebelum membeli, jika anda kurang yakin, tidak ada salahnya jika anda memiliki seseorang yg dapat dipercaya kemudian ceritakan / definisikan PC yang seperti apa & untuk apa nantinya akan digunakan / lebih sering menggunakan aplikasi apa (lebih rinci / spesifik lebih baik).
contoh:
-utk game :
a. Offline (Assassins Creed revelation, Battlefield3, Dirt3, Batman Arkham City, etc), atau
b. Online (Point Blank, Ayodance, Lost Saga, etc)
-utk 3D production (Autodesk 3D’s Max, Autocad, sketchup, image Rendering, animation Rendering, etc)
-utk Video editing (Adobe premier, After effects, Final Cut, Vegas, Corel VS, Pinnacle, etc)
-utk Graphic design & Digital imaging (Photoshop, Corel apps, etc)
-utk warnet (browsing + mini game flash)
-utk kantor (MS office, browsing, mini game + FB & twitter (klo lg khilaf))

  • Realistis dalam membeli & menilai hardware / PC yg akan dibeli.

Jika konfigurasi hardware utk PC saya saat ini, kemungkinan akan mengalami masa kadaluarsa fitur pada umur “sekian” tahun (karena percepatan teknologi), kemungkinan PC saya akan mengalami kerusakan pada umur “sekian” tahun (karena usia). Dari sini artinya anda menambahkan 1 pertimbangan yang berpengaruh lagi terhadap pembelian PC, apakah hardware yg dibeli itu baru/ bekas, fitur hardware sebaiknya seperti apa (jika berencana utk upgrade nanti), masa garansi berapa lama, issue ttg ketahanan produk, dll.

  • Pertimbangan teknologi / fitur terbaru dalam merakit PC.

Akan lebih baik lagi jika anda membidik sampai dengan fitur eksklusif dari beberapa hardware.
Contoh:
fitur mainboard / motherboard sudah mendukung teknologi terkini, baik dukungan (support) processor generasi mendatang, konektor SATA III (6Gbps_RAID Mode) USB 3, dual / triple channel DDR3 dll jika perlu.

  • Ada baiknya berstrategi, jika PC yg akan dibeli dioptimalisasi “SEMENTARA” pada hardware tertentu.

Contoh:

Optimalisasi hanya pada processor & mainboard (integrated VGA) krn pertimbangan anda dalam jangka waktu dekat akan segera membeli VGA sesuai dengan kriteria yg dibutuhkan, karena ini pun bs dijadikan alternatif terbaik jika dibandingkan anda memilih utk mengalokasikan dana nya pada seluruh hardware termasuk VGA dg dana yg tersedia hari ini.

  • Jangan terburu-buru.

Jika dana yg tersedia sedikit lagi mencapai harga PC yg anda butuhkan / inginkan. Ada baiknya jika anda bersabar menunggu sampai dana tersebut cukup untuk mendapatkan PC yg benar-benar dibutuhkan / diinginkan, kecuali jika kebutuhan akan PC mendesak (alternatif No.5 bisa dijadikan pilihan terbaik).

  • Saran untuk membeli PC kelas Mid-end (& berencana utk upgrade) s/d High-end.
  1. Menggunakan Operating System (Windows, linux, etc) dengan platform 64bit seolah adalah keharusan, agar kinerja proccesor anda yg sudah dimungkinkan telah mendukung arsitektur 64bit bekerja dg optimal, termasuk kapasitas memory (RAM) yg kemungkinan diatas 3GB akan terbaca seluruhnya hingga mencapai >16GB.
  2. Menyediakan budget untuk membeli Power Suppy Unit (PSU), karena PSU meski umumnya jarang menjadi topik, tp sesungguhnya PSU memiliki peran yg paling vital atas kelangsungan hidup hardware anda, karena langsung mendapatkan supply arus, daya & tegangan secara internal dari PSU, jika bs diibaratkan spt jantung yg menyuplai darah (dalam hal ini arus, daya & tegangan listrik internal PC) ke setiap komponen / hardware yang terintegrasi. Dalam hal ini saya menyarankan power supply dengan minimal sertifikat 80+ bronze karena kualitas sudah terjamin.
  3. Arus, daya & tegangan listrik eksternal (rumah / kantor) pun juga tidak bisa diabaikan begitu saja (antisipasi sederhana untuk stabilitas arus, daya & tegangan listrik eksternal dgn menyediakan Stabilizer (yg didalamnya terdapat AVR (Automatic Voltage Regulator)) => biasanya stabilizer jenis ini beratnya bisa mencapai >4x dr stabilizer tanpa AVR. & akan lebih baik lagi jika anda memiliki UPS (Uninteruptable Power Supply) dgn AVR di dalamnya. Dampak buruk yg biasanya sering ditimbulkan dari kurangnya suplai daya / naik turunnya tegangan adalah, harddisk yg lebih singkat umurnya, kapasitor yg mudah meleleh (rusak) meski umumnya untuk Main Board sekarang sudah dilengkapi dg solid capacitor & beberapa dampak negatif lain seperti beberapa komponen lain yg mungkin akan bernasib sama.
    Kenapa hal ini saya rasa penting untuk disampaikan, karena menurut saya selain kesehatan anda, diri anda & lingkungan terdekat anda, harddisk merupakan aset yg tak ternilai juga harganya dimana menyimpan data-data eksklusif & berharga milik pribadi anda.
  • Tambahan.

Prolog:
ANTARA KEARIFAN, PENGETAHUAN & PENJUALAN :
Meskipun tidak pernah ada orang yang sempurna dalam wacana & pengetahuan walau hanya dalam 1 bidang, terlebih dalam rentang waktu yg panjang, tapi setidaknya dalam hal ini memiliki wawasan / pengetahuan yg sesuai dg kriteria yg anda butuhkan adalah perlu (jika tidak sesuai / ragu-ragu lebih baik tinggalkan), bukan sekedar menjawab instan pertanyaan anda lantas mendesak anda untuk membeli.

Fakta:
Pada umumnya Percepatan teknologi akan berimbas pada turunnya harga barang kemarin, sekaligus menjadikan barang lebih cepat kadaluarsa.
Keragu-raguan agan / sista & kroni akan menghasilkan PC yang meragukan.

Pengetahuan & Kecakapan anda:
Meskipun pada akhirnya dalam ketepatan & kebijakan penilaian anda, akan sangat bergantung sekali dg seberapa banyak pengalaman & pengetahuan anda dalam menilai PC berdasarkan jumlah PC yang telah anda gunakan / anda uji.

Bijak dalam berpikir, Bajik dalam bertindak:
Jika dari kriteria saya yang sedikit menjadi pertimbangan anda (atau bahkan anda memiliki pertimbangan yg lebih baik lagi dari saya), saya yakin anda akan berhasil mendapatkan PC yang benar-benar dibutuhkan, sekaligus mungkin tanpa anda sadari, anda telah menjadi bagian dari generasi indonesia yg smart, kritis & realistis dalam mengambil keputusan, meski berawal dari cara memilih PC….

Final Decision / Conclusion:
Dari sedikit yang saya tahu tentang beberapa tips diatas, toh pada akhirnya berpulang kepada sang pemiliknya (baca: pemilik anggaran) alias anda dalam memutuskan. Dengan gaya / pertimbangan seperti apa anda memutuskan untuk membeli hardware / PC ?
Jadi, selamat berbelanja.

About threevia
cuma orang biasa yang ingin menjadi luar biasa...

2 Responses to Tips Merakit komputer sesuai keinginan dan budget anda

  1. Fauzan Azadien says:

    Dan setiap perubahan orang BIASA lah,, yang akan jadi tolak ukur satu tarap kehidupan…!!?
    Sebab,, orang yang memang sudah LUAR BIASA…justru akan biasa biasa saja pada akhirnya….Setinggi Apapun perubahan kemajuannya….

  2. mantap dah .. solusinya untuk merakit pc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: