Cara Menghilangkan Aroma Busuk pada Sepatu


Bau busuk atau tak sedap pada sepatu seringkali mengganggu si pemakai dan orang-orang di sekelilingnya. Biasanya saat sepatu dilepas, aroma tak sedap tersebut langsung membuat perut mual.

Sebenarnya banyak cara agar sepatu tidak mengalami bau busuk seperti misalnya rajin mencuci sepatu minimal semingu sekali, dan mengenakan kaos kaki saat memakai sepatu. Kebiasaan bersepatu tanpa kaos kaki sering jadi penyebab timbulnya bau busuk, karena kaki yang berkeringat jadi biang keladinya

Cara lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Sering membersihkan. Bakteri akan senang sekali tinggal di lingkungan yang kotor dan lembab, termasuk dalam sepatu yang kotor terkena keringat. Ini menimbulkan bau tak sedap. Jadi, sering membersihkan atau mencuci sepatu adalah salah satu solusi jitu menghilangkan bau. Paling tidak sempatkanlah mencuci 1 minggu sekali, termasuk sol nya, jika itu memungkinkan.
  2. Angin-anginkan. Usai memakai sepatu, usahakan untuk meletakkannya di udara terbuka atau diangin-anginkan. Jangan langsung memasukkannya ke dalam tempat penyimpanan, sebab bekas keringat yang masih ada di dalamnya akan memicu bakteri hidup.
  3. Pengharum sepatu. Ada produk khusus yang bermanfaat untuk mengharumkan sepatu. Ini bisa jadi alternatif untuk masalah bau pada sepatu. Namun jika Anda tak mau memakai pengharum sepatu karena tidak tahu dimana tempat menjualnya, maka pakai baking soda. Taburkan bubuk baking soda di bagian dalam sepatu Anda, dan bau akan hilang.
  4. Ganti kaos kaki. Menggunakan kaos kaki yang kotor juga bisa memicu bau. Karena itu teraturlah mengganti dan mencuci kaos kaki, dan gunakan yang bahannya mudah menyerap keringat.
  5. Ini yang terpenting: Jaga kesehatan kaki. Kaki yang sehat tidak akan jadi sumber keringat yang bau dan mencemarkan sepatu. Karenanya jaga kesehatan kaki dengan sering berendam di larutan garam hangat, minimal seminggu sekali. Ini akan membuat bakteri pada kaki mati.

About threevia
cuma orang biasa yang ingin menjadi luar biasa...

One Response to Cara Menghilangkan Aroma Busuk pada Sepatu

  1. lissa says:

    HMM.. OK TUH, tapi sepatu jika sering dicuci maka akan mudah rusak. jadi baiknya sepatu tak usah dicuci. cukup rajin ganti kaos kaki dan taburkan serbuk soda pada bagian dalam sepatu. selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: